ICW Merekomendasikan Menkumham Dari Luar Partai


Menteri Hukum dan HAM saat ini Yasonna Laoly, yang diperkirakan untuk kabinet akan datang tidak lagi menjabat sebagai menteri Hukum dan HAM karena terpilih menjadi anggota DPR RI. Siapakah kandidat yang akan menggantikan beliau?  Menurut beberapa pengamat pemerintahan Jokowi sebaiknya mengambil menteri Hukum dan HAM ini sama seperti Jaksa Agung yaitu diluar lingkaran Partai Politik.

Seperti pandangan ICW , "Kalau Jaksa Agung sudah non-parpol, maka di Menkopolhukam dan Menkumham juga jangan dari parpol juga di bidang penegakkan hukum dan politik," ungkap Donal ujar Koordinator Divisi Korupsi dan Politik ICW Donal Fariz dalam diskusi bertajuk "Pengisian Jabatan Politik Pasca Pemilu: Membedah Problem Konsesi Partai, Sistem Presidensial, dan Moralitas Publik" di Kantor ICW, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019).

Hal tersebut untuk mencegah intervensi politik dalam penegakan hukum, menurut Donal sekarang ini penegakan hukum masih kurangmaksimal karena intervensi tersebut.
Nah, dari pandangan tersebut kira-kira siapa yang akan menduduki jabatan kursi tersebut. Caba tebak di kolom komentar? Dan kita tunggu bersama-sama siapa yang akan menduduki kursi tersebut.

Ternyata Yasonna Laoly ditunjuk kembali menjadi Menteri Hukum dan HAM, dimana ia adalah kader partai PDI P, namun selain kader partai ia juga ahli hukum yang memiliki pengetahuan di bidang Hukum dan HAM sehingga Persiden Joko Widodo menunjuk kembali untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kemenkumham.

sumber:
https://nasional.kompas.com/read/2019/08/15/19014371/icw-kalau-jaksa-agung-non-parpol-menkopolhukam-dan-menkumham-juga?page=all.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama