Cara Meningkatkan Visitor Blog Bagi Pemula

      Isi konten yang cukup banyak dan berkualitas adalah faktor penting dalam meraup pengunjung website atau blog yang kita bangun sehingga perlu itu untuk Meningkatkan Visitor Blog. Sebelum membahas cara-cara Meningkatkan Visitor Blog saya akan bercerita awal mula membangun blog dari awal, yang memang sampai saat ini masih berkembang dan visitor masih relatif sedikit, saya membangun blog memang tujuannya untuk bermitra dengan adsense google, dan karena masih belum berpengalaman saya memutuskan memakai sub-domain sekaligus hosting dari bloger / blogspot, awal mengupload artikel sekitar tiga artikel dan untuk mendapat visitor saya membagikan ke facebook hasilnya lumayan ada visitor beberapa antara 1 sampai 10 an pengunjung lumayan lah.

Selain membagikan artikel ke facebook juga di media sosial lain seperti whatapp dan sebagainya, dan ternyata nilai klik dari share tersebut dimata google menurut pemahaman saya tidak begitu berkualitas karena visitor yang berkuaitas adalah traffic organic yang berasal dari klik mesin pencari google atau yang lain (bing / yahoo), Namun share media sosial masih diperlukan untuk Meningkatkan Visitor Blog.

gambar : pixabay.com

Setelah itu saya paksakan untuk konsisten menulis konten yang orisinil dan berkualitas (menurut  saya) hingga sekitar 25 artikel dan lama kelamaan ada visitor setiap hari yang berasal dari mesin pencari google dan juga dari media sosial, tidak lupa dari pantulan pengunjung yang melihat halaman blog lebih dari satu, lumayanlah bagi pemula seperti saya waktu itu.

Nah, untuk mendapat pengunjung dari mesin pencari saya berusaha dengan mengkaitkan blog dengan google analytic dan goole search console, agar laman kita mudah di indeks oleh google sehingga jika ada orang yang mencari di mesin pencari blog kita muncul dan memiliki peluang untuk di klik dan menghasilkan visitor organic yang disukai oleh google. Selain google analytic dan goole seach console kita juga membuat peta situs agar mempercepat perayapan mesin pencari goolge jadi lebih cepat terindeks di mesin pencari. Ingat untuk eksis di daftar indeks google konten kita harus orisinil dan jika terjadi konten duplikat atau sama dengan konten di blog lain maka oleh mesin pencari akan dianggap tidak ada konten, hal itu menurut pemahaman saya selama didunia bloger 3 tahun ini, meski masih belum serius karena masih berat menerbitkan konten-konten setiap hari sehingga konten masih sangat minim, doakan agar bloger keren semangat dan mendapat visitor banyak ya gaes dengan menerbitkan konten-konten orisinil dan berkualitas.

Setelah konten di blog sekitar 25 hingga 40 dan saya sering otak-atik akirnya blog saya memiliki visitor organic setiap hari sekitas 25 hingga berapa puluh setiap harinya dan terkadang meningkat ketika saya menambah konten, terkadang juga turun terutama hari sabtu dan minggu kecuali saya membagikan ke media sisal, meski hingga saat ini masih puluhan saja visitor organic setiap harinya dan baru ada sekitar 100-an artikel, semoga kedepan lebih giat dalam melaksanakan misi mencari visitor yang  berkualitas.

Oke, kembali ke topik bahasan tentang Meningkatkan Visitor Blog selanjutnya adalah memilih konten terutama judul yang banyak dicari para neter atau peselancar, topic yang trend membuat blog kita berpeluang tampil di mesin pencari sehingga semakin sering muncul semakin banyak peluang konten kita di klik oleh peselancar (visitor), selain itu juga mencari topic terutama judul yang memiliki saingan sedikit atau relative sedikit sehingga sebisa mungkin konten kita muncul di halaman 1 mesin pencari. Jika kita bersaing dengan blog yang “kuat” maka blog kita bisa-bisa tenggelam, sehingga analisis judul dan tema konten itu penting, hal itu dapat dilakukan melalui berbagai alat seperti google analytic, google trend atau tool webmaster lainnya, namun kita tidak membahasnya disini mengenai hal itu disini hanya membahas sekilas saja.

Jadi dapat diringkas menurut pendapat saya cara mendapatkan visitor setiap hari adalah perbanyak konten yang orisinal dan berkualitas, bagaimana cara membuat konten yang berkualitas diantaranya minimal 1800 kata, dengan minimal ada kata kunci tiga kata yang banyak dicari visitor dalam mesin pencari. Semisal memiliki 3000 konten dan 1 konten dalam sehari ada 25 pengunjung setiap kontennya coba dikali ada 75 ribu visitor perhari, namun kenyataannya tidak semua konten yang kita buat mampu menghasilka visitor setiap hari,  misal ada 25 konten yang mampu menghasilkan visitor 25 jadi 25x25=625 ditambah ada 2500 konten setiap konten menghasilkan 1 visitor sudah ada lebih 3000 visitor sehari, namun harus berusaha keras untuk menganalisis konten yang dapat menghasilkan visitor.

Jika konten sudah berkualitas dan banyak peminat, kita usahakan konten tersebut tampil di halaman pertama mesin pencari, bagaimana caranya, menurut pemahaman saya dengan konten yang berkualitas dan banyak peminat ditambah dibuat peta situs, dikaitkan di google analytic, google searc console juga back ling yang berkualitas akan menkerek blog atau halaman blog kita muncul di page one (halaman 1) mesin pencari baik google, bing atau yahoo. Back link minimal kita di facebook, twitter, pinteres, google plus, instagram, youtube dan dapat di blog lain yang memiliki rangking.

Selain usaha-usaha diatas, kemungkinan ada cara lain misal dengan mengirim blas email dan sebagainya. Sekian tips sedikit dari saya mengenai cara meningkatkan visitor blog baru, yang baru kita mulai, so keep konsisten buat konten ya gaes kita tidak tahu artikel mana yang bakal mendatangkan visitor organic setiaphari, tapi kita dapat menganalisis dan berusaha seperti penjelasan diatas, semoga berhasil ya gaesss.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama