Capsul Cara Baru Menginap Para Back Packer

Anda pernah kemalaman ketika bepergian, takut ketinggalan kereta atau pesawat atau memang sengaja menginap karena sedang traveling, sehingga butuh penginapan dengan area stasiun, bandara atau tempat destinasi tujuan anda. Terkadang kita hanya mencari rekreasi untuk menghilangkan penat dengan rutinitas kita dan budjet minim, jangan kuatir saat ini (beberapa tahun terakhir) di kota kota besar seperti Semarang  dan Jakarta telah tersedia hostel sistem kapsul dengan harga terjangkau. Apa itu sistem kapsul, bagaimana bentuk dan pelayanannya.

Menurut saya cara menginap sistem kapsul adalah menginap dalam suatu ruangan yang cukup luas dalam satu ruangan tersebut terdapat banyak tempat tidur / bed (biasanya tingkat dua) yang tempat tidurnya dapat ditutup rapat untuk menjaga privasi, kekurangannya ada beberapa kapsul, privasi kurang terjaga karena tamu disebelah akan mendengar pembicaraan kita, karena ada beberapa kapsul kelas melati jika penutup nya gorden maka bisa dibuka oleh orang lain ketika kita sedang tidur, sebagian kapsul menyediakan locker untuk menyimpan barang, namun jangan kuatir karena hostel tersebut menjaga kerapian dan kebersihan kapsul seperti standar hotel, ber ac, cctv, tersedia handuk (peralatan mandi), air mineral dan fasilitas hotel minimal pada umumnya.
Fasilitas kapsul tergantung dari penyedia layanan ada yang sederhana hingga yang mewah, ada yang tertutup rapat ada yang sekedar tertutup korden, fasilitas tersebut akan mempengaruhi harga layanan.
Sebagai contoh kapsul Bandara Hotel seperti dilansir kompas.com (2/8/2018) harga permalam Rp.375.000,-, pengunjung akan diberi kartu untuk membuka kunci dan fungsi lain, kapsul yang terletak di terminal 3 domestik, lantai 1 area kedatangan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hotel kapsul tersebut dilengkapi fasilitas terkini, seperti accses card, TV cable, tempat tidur dengan bantal dan selimut, juga dua USB charging port, termasuk peralatan mandi yang cukup memadai, terdapat cctv. Disini menawarkan menginap selama 6 jam dengan harga khusus yaitu Rp.250.000,- per 6 jam atau Rp375.000,- untuk satu malam penuh, kapsul ini telah dibuka 10 Agustus 2018 lalu. Sayangnya kapsul ini hanya muat untuk 1 orang. Tujuan kapsul ini adalah untuk para penumpang pesawat dengan jadwal penerbangan pagi agar tidak kesiangan atau agar tidak telat sampai Bandara karena macet atau sebab jarak yang jauh, karena bisa menginap di kapsul Bandar suta ini.
Kapsul lain di Kota Semarang terdapat juga kapsul yang letaknya dekat simpag lima tepatnya di jalan DI Panjaitan, disini harga cukup terjangkau ketika promo memberi harga Rp.72.000,-, menurut testimony dari para tamu kapsul hostel ini lumayan bersih dan rapi harga terjangkau, terdapat cctv namun tamu lain dapat mendengar obrolan kita karena dalam satu ruangan dan tutup kapsulnya berupa gorden sehingga dapat dibuka dengan mudah. Namun, untuk menjaga keamanan tamu tersedia satpam yang menjaga dan cctv.
Kekurangan dari kapsul ini kurang nya privasi para tamu ketika didalam kapsul karena orang lain dapat masuk dengan mudah ke tepat tidur kita karena hanya tertutup gorden (meski beberapa kapsul telah menyediakan kapsul yang terkunci rapat), untuk itu harus selalu waspada dan berhati-hati, alangkah baiknya mengajak teman ketika menginap di kapsul dan selalu berhati-hati. Namun utuk para laki-laki saya kira tidak masalah tentang hal itu.
Jadi meski sama sama system kapsul fasilitas yang akan didapat akan berbeda, semua tergantung operator atau penyedia layanan kapsul ini, ada yang terjaga privasi dengan baik ada juga yang menyediakan tempat bermalan saja tanpa menjaga privasi dengan maksimal. Namun untuk para traveler semua itu tidak menjadi masalah, jika sekedar untuk bermalam.
Ayo angkat tas rangsel mu, jelajahi Indonesia, jangan lupa cari duit dulu ya untuk ongkos ….. jangan lupain kewajiban juga ya, semoga menyenangkan. Kembali dari traveling berkreasi lagi agar produktif. Goodluck.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama