Kisah Awal Menekuni dunia Bloging

Hai, gaes kali ini saya ada sedikit cerita yang sedikit banyak ada kaitan dengan blog ini juga, kenapa saya akhirnya terjerumus kedalam dunia per bloger an ketika masa-masa sekarang bukan di masa-masa lalu, dimasa lalu saya belum mengenal google adsense dan juga tidak mau tahu. Hingga kira-kira tahun 2019 setelah kawin, alasan seteleh kawin ada rencana keluar dari kerjaan dengan alasan keluarga, akhirmya awal 2019 saya nekad keluar dari kerjaan tanpa ada pegangan yang pasti baru ada rencana buka usaha kecil-kecilan. Setelah keluar kerja saya bulan madu tapi di rumah aja dan keliling di daerah sendiri setelah itu beberapa minggu saya memikirkan membuka usaha tapi ijinnya di luar kota lagi akhirnya saya merantau meninggalkan sementara istri.

Usaha yang dijalankan ternyata tidak langsung membuahkan hasil, sehingga saya harus memikirkan agar ada pemasukan, sambil menjalankan usaha tersebut. singkat kata terbersit cara mendapat uang dari menulis online. Saya browsing dan menemukan beberapa artikel tentang menilus dapat duit, platform yang saya coba antara lain IDN Time dan UC News beberapa bulan menjalankan UC News hasil tidak memuaskan begitu juga dengan IDN Time tulisan saya tidak kunjung diterima,.

Beberapa bulan saya menjalankan menulis online di dua platform tersebut namun tidak ada hasil, sehingga saya harus mencari cara lain namun masih dengan jalan menulis online, akhirnya saya menemukan artikel dan sebelumnya saya membaca komentar sebuah artikel tentang UC News dan Media online lain, yang mengatakan “mending menulis artikel di blog sendiri bisa untuk bertahun-tahun (pembaca yang konsisten jika artikel bagus)” kira-kira seperti itu tapi tidak harus seperti itu, akhirnya saya coba buat blog gratisan blogspot dengan artikel dari hasil menulis online sebelummya dan diubah sedikit, sehingga saya sampai detik ini menekuni dunia bloger meski terkadang libur sebentar.

Baca Juga : Cara Mendapat Penghasilan dari Blogspot

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Sekitar 20-30 artikel dan blog baru berumur beberapa hari atau bulan saya agak lupa, sekitar pertengahan 2019 saya buat blog www.politeaindonesia.blogspot.com kemudian untuk mendapat uang adalah dengan mendaftar google adsense, namun sayang tidak semudah khayalan berkali-kali ditolak dalam usaha mendaftar adsense. Setelah ada pemberitahuan di tolak maka blog segera saya perbaiki seperti membuat artikel berkala yang orisinil hingga menautkan blog dengan google analytic dan google search console juga menanam baclink blog untuk mendapat traffic yang stabil.

Baca Juga : Cara Mendaftar Google Adsense

Setelah ditolak beberapa kali tepatnya dibulan desember 2019 sekitar 6 Bulan umur blog saya, blog itu diterima di google adsense, namun tidak langsung mendapat uang yang diiginkan, karena pengunjung blog yang hanya puluhan atau seratusan perhari maka pendapatan perharipun hanya berkisar 50 rupiah hingga 5 ribu saja atau rata-rata hanya 1000 perhari, maka agar gajian tiap bulan dari adsense tidaklah mudah.

Baca Juga : Cara Menulis di IDN Time

Baca Juga : Cara Menulis di UC News

Setelah satu tahun sekitar 2020 dari kerjasama blog saya dengan adsense belum juga payout (mencairkan dana) karena memang blog ini akhirnya saya jadikan hobi dan tidak begitu mengejar uang, meski jujur memang itu yang di cari namun dengan santai agar menikmati proses dan semoga dapat gajian tiap bulan nantinya, dengan pelan-pelan sabar membangun blog, agar tidak merasa bosan saya pelan-pelan merapikan blog saya dengan tujuan agar enak dibaca dan mencari pembaca dahulu semoga nanti tiba saatnya setiap bulan bisa gajian di adsense, karena jika dikejar target ngeblog jadi nggak nyaman dan akan menjadi penyebab kita kurang konsisten bahkan jika merasa bosan dan bahkan tertekan karena target penghasilan maka bisa jadi pensiun dari dunia blog, jadi kuncinya nikmati aja.

Menurut saya menjadi bloger itu ibarat seorang penulis, ya penulis tanpa ada redaksi yang ketat tanpa review yang ketat, kita sendiri yang menentukan tulisan mana yang layak publis mana yang tidak. Tidak di pungkiri bahwa sebagai bloger, jumlah visitor adalah penting dengan diawali artikel yang berkualitas baik isi maupun menurut teknologi internet khusus nya google untuk terindeks di mesin pencari. Mencari uang dari bloger memang menjadi impian namun butuh waktu dan ketekunan dalam mendapatkan itu, jadi ibarat penulis khususnya di Indonesia jarang yang menjadi full timer penulis kecuali memang sudah terkenal. Bloger juga sama jika niat awal mencari uang maka tidak bisa secara instan karena masa panen harus sabar menunggu nya, jika ingin instan mendapat uang hari ini daftar dan bulan depan gajian ya melamar kerja saja atau jualan pulsa atau apalah, … ingat berdasar pengalaman saya dan beberapa bloger dan mungkin saja kebanyakan bloger seperti saya, untuk mendapat penghasilan rutin setiap bulan perlu waktu dan pengorbanan, khususnya jika hanya mengandalkan google adsense, kecuali sudah punya blog yang telah mumpuni dengan visitor harian mencapai ratusan ribu, dengan modal blog yang banyak visitor mungkin ketika diterima adsense langsung gajian bulan depan. Nah, membangun blog ini dengan visitor yang banyak dan stabil adalah membutuhkan waktu dan biaya, untuk menulis artikel, biaya hosting atau juga domain belum lagi jika memakai jasa SEO dan lain-lain, belum lagi harus mengkuti syarat dan ketentuan atau peraturan google adsense agar blog kita tidak melanggar kebijakan.

Menurut saya hingga hari ini hasil dari menulis online baik dari adsense atau platform yang lain belum bisa menjadi peganggan hidup atau menghidupi untuk sehari hari karena visitor masih minim dan memang tidak focus kesitu setiap harinya hanya sebagai sampingan saja, mungkin bisa untuk tabungan masa depan aja jika suatu saat nanti visitor sudah memenuhi syarat untuk gajian tiap bulan, sekali lagi jangan patah semangat sebagai bloger meski hasil belum sesuai harapan, bangun blog dengan senang hati dan sebagai hobi atau sekedar isi waktu, yang mana memiliki peluang dapat uang dari situ.

Selain dari adsense saya juga mencoba platform dari kaskus yaitu kaskus creator, dimana kaskus creator memberikan hadiah kepada penulis artikel yang lolos moderasi di ajang kaskus creator tersebut, setiap view dihargai 1 rupiah 10 view mendapat 1 poin, kadang ada promo event dengan tema tertentu dengan hadiah 3000 poin untuk setiap tulisan yang lolos berapapun viewer nya akan tetap dapat poin 3000 atau setara Rp.30.000,-. Selanjutnya setiap 5000 poin dapat dicairkan ke kaspay dan dari kaspay dapat di transfer ke rekening kita, saya pernah mencoba mencairkan 2 kali dan hasilnya masuk meski belum banyak, karena 50 ribu sudah dapat dicairkan.

Baca Juga : Cara Menulis Tread di Kaskus Kreator

Nah, kesimpulan dalam kegiatan menulis online terutama bagi pemula belum dapat dijadikan penghasilan tetap karena butuh waktu dan usaha, maka kegiatan bloger dan menulis online lainya sebagai sampingan saja, kecuali sudah mahir dan kemampuan menggaet rupiah dengan konsisten, hingga hari ini pun saya masih belajar dan membangun blog dan belum sesuai harapan, namun jika sudah dilakukan dengan senang hati meski tidak mendapat rupiah dengan instan akan dilakukan dengan enjoy dan penuh harap dimasa depan, harapan terdekat saya dari adsense cukup mendapat saldo Rp.700.000,- perbulan saja sehingga setiap 2 bulan dapat payout, dan dari kaskkus cukup 250 ribu aja per bulan, yah tidak muluk muluk dulu yang penting rutin itu harapan saya, tentunya kedepan berharap lebih dari itu, yang penting rutin menulis setiap hari dan itu belum bisa saya lakukan secara konsisten.

Tulisan ini bukan bermaksud merendahkan atau bermaksud pamer atau sombong, dengan blog yang sederhana ini, hanya ingin berbagi pengalaman saja, dan sebagai cambuk agar semangat dalam saya berkarya dalam perblogeran, dan bagi pembaca khususnya para bloger pemula sebagai referensi bacaan agar tahu gambaran menjadi bloger Indonesia.

Salam dari saya bloger keren semoga sukses untuk kita. Assalam.


Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama