Konten Kreator dapatkah "Hidup" dari Adsense

 Era digital telah merubah cara menikmati music, saat ini kita dapat mendengarkan music dari smart phone kita atau alat sejenisnya bahkan dapat juga lewat computer yang sound sistemnya dapat disetting sehingga lumayan berkualitas, meski tidak sesempurna atau semantap ketika menikmati music secara live dengan sound system yang memadai dan berkualitas.

Jika kita menengok ke belakang sebelum teknologi semaju sekarang, para pendengar music dapat menikmati music-musik pilihan lewat radio atau pun televisi, juga dengan kaset atau cd / vcd. Penghasilan yang didapat musisi-pun dapat diambil dari penjualan kaset / cd / vcd yang original, selain dari hasil manggung, itu jika kita melihat masa lalu, namun nampaknya industry music bergeser dalam cara meraup keuntungan.

NSP atau RBT saat menyambungkan telepon ketika menunggu tersambung adalah salah satu cara mencari keuntungan dengan bekerjasama dengan provider atau peyedia jasa telekomunikasi, selain itu apakah mengupload musik di youtube.com dapat menambah penghasilan, tentu saja jika para penikmat music beralih ke chanel youtube dalam menikmati music.

Tentunya musisi yang mengupload lagunya di youtube tidak langsung mendapat uang dari youtube, namun harus memenuhi syarat terlebih dahulu untuk monetisasi di youtube. Salah satu syarat adalah jumlah viewer nya dan durasi jam tayangnya.

Konten-konten youtube beraneka ragam ada kumpulan music, ada adegan-lucu, ada kumpulan berita, ceramah, rekaman kejadian alam dan masih banyak lagi. Youtuber terkenal di Indonesia yang terkenal namun bukan khusus music adalah Atta Halilintar dan Ria Ricis, tentunya ketenaran mereka dari hasil jerih payah dari bersusah-susah hingga membuahkan hasil, namun disini tidak membahas hal itu namun mengenai chanel youtube yang mengupload khusus music atau acara music, dapatkah mereka bertahan atau hidup dari mengupload dari youtube saja? Tentu saja bisa jika penonton setia selalu memutar music mereka dan konten memenuhi syarat monetisasi di youtube.

Sekarang bagaimana cara menbuat chanel youtube hingga monetisasi hal itu disini tidak akan dibahas secara mendetail namun hanya garis besarnya saja. Dari pengalaman penulis sendiri membuat chanel youtube menggunakan akun google dan login dengan google, untuk membuat youtube dengan akun google tentunya harus membuat akun google terlebih dahulu kemudian setelah akun google jadi maka silakan login di akun google, dan membuka youtube secara bersamaan kemudian klik login di youtube dan gunakan login memakai google, maka sudah siap deh akun youtube nya, anda dapat mengupload sebanyak-banyaknya video music di akun anda tapi ingat media youtube adalah salah satu media untuk publikasi sehigga youtuber dapat disebut publisher, dan video harus hak cipta milik sendiri atau jika milik orang lain harus mendapat ijin agar tidak melanggar hak cipta.

 Jika anda sudah mengupload hasil karya anda di youtube jangan lupa di share ke teman-teman anda dan kepada semua orang agar chanel anda banyak yang menonton hingga target jam tayang anda memenuhi syarat untuk monetisasi. Selama ini yang diketahui penulis monetisasi di youtube melalui google adsen, apa itu google adsense? Setelah anda memenuhi syarat monetisasi youtube lewat adsen terpenuhi seperti jenis video yang bukan kontoversial,peristiwa sensitif, narkoba, tindakan bahaya, ujaran kebancian, pornografi, kekerasan dll, video music saya kira tidak masalah jika music yang umum dan tidak ada adegan yang dilarang. Selain itu memiliki 1000 subsciber juga 4000 jam waktu tonton publik dalam waktu 12 bulan. Rincian mendetail cara daftar youtube saya kira sudah banyak artikel di google yang membahas nya silakan cari melalui mesin pencari google.

Pertanyaannya apakah musisi bisa hidup dari youtube ?  bisa asalkan lolos monetisasi dan setiap bulan mendapat viewer jutaan orang …… kembali lagi pada konten apakah diminati publik atau tidak, semakin music anda diminati sehingga viewer anda akan banyak juga, dan itu butuh kerja ekstra dan promosi juga terkadang diperlukan. Jika anda musisi dan berminat dibidang ini silakan dicoba namun anda harus rajin belajar dari para youtuber yang telah sukses terlebih dahulu atau anda bisa mencobanya hingga berhasil. Selamat mencoba.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama