Cara Gampang Nyetem Gitar, Untuk Pemula


Gambar : pixabay.com

Musik merupakan kenikmatan tersendiri bagi para pecinta music, bagaikan para penikmat kopi atau teh, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, begitu juga musik. Belajar music tidaklah gampang jika tidak ada niat dari dalam diri sendiri, berawal dari kesukaan otomatis muncul keinginan untuk belajar begitu sulitnya, namun seberapa menguasaan juga terpengaruh lingkungan yang mendukung atau tidak.

Kali ini kita membahas tentang belajar gitar, gitar sendiri dapat digunakan sebagai hiburan ketika sedih atau mengisi waktu untuk sekedar melepas penat hingga ada juga  bermain gitar sebagai mata pencaharian. Gitar pada umumnya memiliki 6 (enam) senar, dan di gagang gitar ada beberapa kotak-kotak atau fret dari picukhingga bongkotnya.

Baiklah tiba saatnya belajar secara otodidak dengan membaca artikel ini semoga dapat dipahami, langkah pertama pastikan anda punya gitar hehehe atau paling tidak pinjam gitar yang masih normal, selanjutnya pastikan gitar ada senarnya hehehe … saya menyebutkan gitar pertama dari bawah ya jadi yang senar paling atas nomor 6. 

Yak kita mulai : 

1. senar nomor enam paling atas silahkan di setel diputar jangan telalu kencang atau jangan terlalu kendor sesuaikan dengan nada anda, senar 6  tanpa di tekan atau di loss kan sebaiknya menghasilkan nada E (atau 3 … mi) bukan mie instanya gaess, jika ragu samakan dengan alat music lain seperti keyboar di nada mi atau E, nah jika sudah yakin dengan senar paling atas lanjut ke senar 5.

2. Silakan pencet senar 6 di fred 5 akan menghasilkan nada A (6 atau la) jika anda benar menyetel senarnya yang atas tadi, nah di nada A adalah sama dengan senar nomor 5 tanpa di tekan atau loss akan menghasilkan nada A (la), dengan kata lain senar 6 jika di tekan di fred 5 akan sama dengan senar 5 tanpa ditekan, bandingkan keduanya dan samakan mainkan feeling anda pastikan nadanya sama jika senar 6 ditekan di fred 5 akan sama senar nomor 5 tanpa ditekan atau dipencet.

3. Selanjutnya menyetel senar nomor 4, caranya sama dengan tadi namun yang dipencet senar nomor 5 di fred 5, pastikan senar nomor 4 tanpa ditekan akan menghasilkan nada sama dengan nada senar nomor 5 di tekan di fred 5, sekali lagi mainkan feeling anda pastikan nadanya sama.


gambar : pixabay.com

4. Langkah berikutnya menyetem senar nomor 3  cara yang digunakan masih sama dengan membandingkan nada senar nomor 4 ditekan di fred 5 pastikan sama dengan senar nomor 3 tanpa ditekan.

5. Berbeda dengan meyetem senar nomor 2, meski cara yang dipakai masih sama yaitu dengan membandingkan senar diatasnya yaitu senar nomor 3 dipencet atau ditekan di fred 4 sekali lagi 4 jadi berbeda fred dengan sebelumnya, itu saja bedanya. Pastikan jika senar nomor 3 dipencet di fred 4 akan sama dengan senar nomor 2 loss tanpa ditekan, tugas kita ada membuat nadanya sama dengan memutar senar gitar tersebut.

6. Paling bawah atau senar nomor 1 ini harus bernada sama dengan nomor 6 meski nada rendah dan nada tinggi atau berbeda oktaf tapi nada yang di hasilkan harus sama, biasanya nada E. atau dengan cara sebelumnya dengan menekan senar atasnya (nomor 2) di fred 5, pastikan senar nomor 1 akan sama dengan nada senar nomor 2 yang di tekan di fred 5, sekali lagi gunakan feeling anda atau pada jaman modern ini ada alat untuk mengukur nada sebagai alat menyetal gitar.


gambar : pixabay.com

Nah, jika semua senar sudah di setem maka coba mainkan apakah dirasa nada sudah pas atau kurang sedikit dan pastikan dengan feeling anda nadanya pas dengan yang diharapkan. 

Karena bermain music itu memakai rasa maka selain teknik diatas asah juga intuisi anda dalam bermain music. Saya sendiri belum mahir bermain gitar masih sama-sama belajar, sekian tips dari saya semoga bermanfaat.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama