Cara Masuk Kuliah di Magister Kenotariatan

Apa kabar para pembaca yang terhormat, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tebtang pendidikan Kenotariatan di Universitas Diponegoro, yang diambil dari teman-teman yang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Undip ini khususnya di program studi Magister Kenotariatan. Dimana lulusannya akan bergelar M.Kn (Magister Kenotariatan) namun semenjak beberapa tahun ini gelar tersebut disederhanakan menjadi M.H. (magister hukum) dengan konsentrasi kenotariatan, karena termasuk dalam Fakutas Hukum.

Lulusan sekolah ini atau prodi ini selain menjadi notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Pejabat Lelang juga sebagai Lawyers spesialis perdata hubungan antar warga masyarakat atau di Amerika sering disebut personal injury lawyers (menangani masalah perorangan). Ada juga lulusan sekolah ini yang menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) sebagai penambah pengetahuan bidang pekerjaannya, instansi yang menerima lulusan ini antara laian Kementerian ATR / BPN, dan ada beberapa instansi lain nya. Namun sebelum memasuki pekerjaan tersebut harus lulus dulu ujian sesuai aturan yang berlaku.

Awal untuk memasuki program studi Magister Kenotariatan Undip ini didahului dengan mendaftar melalui jalur mandiri secara online melalui website https://um.undip.ac.id ] untuk pendaftaran anda dapat mempelajari melalui web tersebut. kalau di tahun 2014 terbagi 3 gelombang dengan periode tertentu, dengan tahapan ambil pin, isi formulir, bayar, cetak kartu ujian dan ujian – pengumuman lulus atau tidak. Setelah lulus maka ada daftar ulang dengan syarat tertentu seperti ijasah dan sebagainya, namun disini ada juga keterangan sehat jasmani juga bebas narkoba. Setelah daftar ulang dan membayar biaya uang pembangunan dan spp semester 1 maka menunggu jadwal kuliah dimulai, boleh juga ikut ceremonial (upacara) penerimaan mahasiswa baru di tingkat Universitas, ada juga semacam orientasi (ospek / perkenalan mahasiswa baru) dengan mendegarkan ceramah di tingkat prodi, setelah itu mengambil jadwal kuliah di kantor prodi masing-masing.

Mata kuliah di Magister Kenotariatan Undip ini memiliki paket setiap semesternya, dibagi menjadi 4 semester, yaitu semester 1, 2, 3 dan 4 semester 1 dan 2 masih penuh jadwal kuliahnya sedangkan semester 3 sudah berkurang dan dapat sambil mengajukan proposal thesis dan semester 4 dapat ujian thesis alias dapat lulus jika memenuhi syarat.

Adapun semester 1 mata kuliah wajib antara lain : Teknis Pembuatan Akta (TPA) yang mengulas tentang dasar-dasar penulisan akta notaris, Hukum Waris KUHPerdata yang mempelajari tentang hukum waris menurut KUHPerdata, Hukum Keluarga dan Harta Kekayaan yang mempelajari tentang harta kekayaan dalam keluarga dan system kekeluargaan menurut KUHPerdata, Peraturan Jabatan Notaris (PJN) mempelajari tentang jabatan notaris dan seluk beluknya, Hukum Agraria yang mempelajari bidang pertanahan Indonesia. Ada lagi kuliah tambahan antara lain Hak atas kekayaan intelektual, Politik Hukum, Hukum Kepailitan (agak lupa di semester berapa).

Selanjutnya semester 2 dan 3 melanjutkan teknik pembuatan akta 1 dan 2 semester 3 Akta Waris juga akta-akta PPAT, Hukum Perikatan, Hukum Pajak, Hukum Perusahaan,Hukum Jaminan, metode penelitian, Teori hukum, teori dan kebijakan pendaftaran tanah, peraturan lelang, waris islam, kontrak bisnis internasional dan thesis di semester 3 dan 4.

Setelah semua lulus ujian dan memenuhi syarat maka boleh mendaftar wisuda dengan syarat tertentu seperti thesis sudah lulus dan juga mengumpulkan e-jurnal dan beberapa syarat lainnya. Personal Injury Lawyers lulusan sekolah ini bisa juga sebagai bekal seorang lawyer, khusus masalah perdata humas yang berkaitan dengan hal-hal yang telah dipelajari. Namun kebanyakan lulusan sekolah ini banyak yang ingin menjadi Notaris dan PPAT. 

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik agar tidak melanggar hukum dan agama

Lebih baru Lebih lama